Sabtu, 26 November 2011

apa itu MOSOLO????


                                                                   
Gbr.para generasi penerus Mosolo
by: jubirman putra mosolo
                                        APA ITU MOSOLO?
        MOSOLO, jika kita urai arti dari kata mosolo secara etimologi terdiri atas dua kata, yaitu MO dan SOLO. MO berarti kuat, sedangkan SOLO berarti arus. jadi kata MOSOLO adalah kuat arus. karena mosolo adalah sebuah desa yang terletak di pulau Wawonii bagian tenggara, maka arti kata Mosolo adalah sebuah perkampungan atau desa yang terletak di sebelah bagian tenggara dari pulau Wawonii, kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara yang memiliki sungai yang berarus kuat atau kencang ( menurut mantan kepala desa Mosolo).
                                                           Gbr. pulau wawonii

       Kini Mosolo sudah terbagi menjadi 3 wilayah kecil (desa), yaitu desa mosolo, desa sinar mas, dan desa sinaulu jaya. walaupun sudah terjadi pemekaran, tetapi ketiga desa tersebut masih saling bekerja sama dan bersatu dalam menghadapi semua permasalahan yang menimpa desa mereka.
      Mosolo merupakan sebuah desa yang sebagian besarnya adalah bersuku Buton( kebanyakan dari Wapulaka) yang memiliki bahasa cia-cia sebagai bahasa persatuannya. Mosolo juga merupakan sebuah desa yang beragama islam 100%, dimana semua warganya memiliki paham dan keyakinan yang sama yaitu akidah islam sebagai pondasi keyakinan mereka.Dengan statusnya sebagai daerah yang berkeyakinan muslim, maka sudah seharusnya mereka selalu melakukan beberapa perlombaan kerohanian ketika menjelang lebaran. perlombaan-perlombaan tersebut meliputi: lomba pengajian ayat suci al-qur'an, lomba adzan, penghapalan surah-surah pendek, dan lomba sholat berjamaah. Terdapat beberapa perlombaan yang dilakukannya seperti sepak bola, bola volly, sepak takraw, lomba pangibi, dan lain-lain. peelombaan-perlombaan tersebut dilakukannya karena sudah menjadi kebiasaan mereka dalam tiap tahunnya untuk menyambut lebaran idul fitri.
       Sebagian besar, daerah ini  bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan. di sektor pertanian, daera ini melakukan penanaman  cengkih, jambu mete, merica, kelapa, dan lain-lain. sedangkan di sektor perikanan, mereka melakukan pencaharian ikan hiu sebagai mata pencaharian mereka.
                                                          Gbr. Masyarakat Mosolo
Gbr. Panorama Laut Mosolo
Gbr. Jamaah Mosolo Hendak Melaksnakan Sholat Idul Fitri
Gbr. Panorama Mosolo dari atas

Gbr. Pemandangan Jalan Raya Penuh Jemuran Cengkeh

3 komentar:

  1. ap cita cita ke depanya ke tiga desa tersebut...???

    BalasHapus
  2. gantungkan cita citamu setinggi langit, meskipun kakimu berada di aatas tanah...................

    BalasHapus
  3. cita-cita yang paling mulia yang mereka dambakan bersama yaitu tumbuh kembangnya perdaban ilmu didesa tersebut sehingga menghadirkan kemajuan daerah dan menjadi tolok ukur bahkan cikal bakal bangkitnya kembali perdaban islam di wawonii, dan Mosolo pada umumnya

    BalasHapus