Senin, 31 Maret 2014

4 Kompetensi Pendidikan Guru Ideal

Terdapat 4 Kompetensi Pendidikan yang semestinya dikuasai oleh seorang guru, agar menjadi guru yang ideal dan inovatif dalam pembelajaran.

1. Kompetensi Pedagogik.
    Kompetensi Pedagogik yaitu kompetensi atau kemampuan seorang guru dalam mengelola sebuah    kelas, menguasai materi ajar, serta paham dalam mempersiapkan segala perangkat pembelajaran. Terdapat ciri-ciri khas dalam kompetensi pedagogik
        a. Mengenal karakteristik anak didik
        b. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran 
       c.  Mampu mengembangan kurikulum
       d. Kegiatan pembelajaran yang mendidik 
        e. Memahami dan mengembangkan potensi peserta didik
       f.  Komunikasi dengan peserta didik
        g. Penilaian dan evaluasi pembelajaran

2. Kompetensi Kepribadian
    Kompetensi Kepribadian yaitu kemampuan seorang guru dalam memberikan contoh, teladan, dan panutan kepada siswanya.  Beberapa sikap yang mesti dimiliki oleh setiap guru yaitu:
  a. Adil
  b. Bijaksana
  c. Berwibawa
  d. Berakhlak mulia
  e. Jujur
  f. Sopan santun
  g. Anti Rasisme

3. Kompetensi Sosial
    Kompetensi Sosial yaitu kemampuan seorang guru dalam berinteraksi sosial baik kepada siswanya, sesama guru, maupun interaksi bersama masyarakat. Guru selayaknya mampu beradaptasi kepada lingkungan sekitarnya, baik lingkungan kelas, sekolah, maupun dilingkungan masyarakat.

4. Kompetensi Profesional
    Kompetensi Profesional yaitu kemampuan seorang guru dalam mengikuti perkembangan ilmu dan tekhnologi terbaru. Guru semestinya paham dengan perkembangan ilmu terkini, lebih jelasnya pada kompetensi ini seorang guru semestinya paham tentang ilmu secara mendalam.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar