Kamis, 15 Januari 2015

Laporan Pertanggung Jawaban Pengurus HMI Komisariat FKIP UNISSULA Periode 2012 - 2014

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGURUS HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM
KOMISARIAT PERSIAPAN FKIP UNISSULA
CABANG SEMARANG PERIODE 2013-2014

“Barang siapa yang bersungguh-sungguh maka ia akan menuai hasil” (Muhammad SAW)
“Berikan aku 10 Pemuda, maka akan kuguncangkan dunia”
(Ir. Soekarno)
“Tulislah apa yang kamu baca, lalu bacalah apa yang kamu tulis, kemudian kerjakan apa yang kamu tulis”
(Prof. Laode)
“Pahamilah bahwa kapal tak mungkin bisa efektif berlayar jika ABK tak kompak dengan Nahkodanya”
(Jubirman)

Bismillahirrohmanirrohim
Assalamualaikum Wr. Wb

A.   PENDAHULUAN

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan Rahmat, Taufiq dan Hidayah-Nya kepada kita semua. Semoga limpahan kasih sayang yang diberikan Allah senantiasa mengiringi semangat perjuangan kita dalam mengemban amanah sebagai Khalifatul fil Ardhi. Semoga Inayah yang dilimpahkan oleh-Nya selalu menjadikan kobaran api Revolusi yang tetap menggema dalam dada kader anggota HMI Komisariat FKIP untuk senantiasa melakukan perubahan menuju organisasi HMI yang menjunjung tinggi kualitas 5 insan cita. Shalawat serta salam semoga senantiasa tercurahkan kepada Sang Pemimpin terbaik sepanjang zaman, Beliau Baginda Rasulullah  Muhammad SAW, sebagai suri teladan terbaik yang menjadi pembuka cakrawala umat manusia. sehingga dengan cakrawala itu, HMI dapat memelihara sekaligus berkomitmen serta konsisten menjaga nilai-nilai dasar perjuangan, demi terwujudnya dinamika kehidupan organisasi menuju terciptanya generasi khaira ummah dan tatanan masyarakat yang berkeadilan.

Yang kami hormati:
·        Ketua Umum HMI Cabang Semarang
·        Ketua Umum HMI Korkom Sultan Agung
·        Ketua-Ketua Umum Komisariat Se-Korkom Sultan Agung
·        Dewan Presidium sidang RAK II HMI Komisariat Persiapan FKIP
·        Teman-teman intelektual aktivis akademis dan aktivis organisatoris
·        Para tamu undangan dan segenap anggota sidang RAK II HMI Komisariat Persiapan FKIP

Pada kesempatan yang penuh Barokah ini, dihadapan peserta sidang, Perkenankan saya selaku Ketua Umum HMI Komisariat Persiapan FKIP periode 2013-2014 untuk memaparkan gerak langkah aktivitas HMI Komisariat Persiapan FKIP selama satu periode kepengurusan sebagai bentuk komitment pertanggungjawaban atas amanat yang kami emban.

Teman-teman intelektual Seperjuangan
Majelis sidang yang saya hormati,
Seiring perjalanan waktu, tidak terasa perjalanan kepengurusan HMI Komisariat Persiapan FKIP periode 2013-2014 telah berakhir, memang sudah merupakan keharusan sejarah yang mesti terulang, dimana pada kesempatan dalam forum tertinggi ini saya harus memaparkan evaluasi kinerja atas berbagai langkah yang telah kami lakukan bersama berdasarkan konstitusi HMI. Selama perjalanan tersebut segenap perhatian, pemikiran, dan tenaga kami pusatkan pada tugas mengemban amanah organisasi. Berbagai langkah strategis di berbagai bidang pengembangan organisasi yang termanifestasikan dalam berbagai program kerja yang telah dijalankan. Meskipun kami rasa, kami telah semaksimal mungkin memikul amanah yang agung ini, namun kami menyadari bahwa kami sebagai pengurus belum bisa menposisikan diri sebagai pengurus yang diharapkan, hal tersebut tidak terlepas dari kelemahan kami sebagai manusia biasa. Dalam forum yang berbahagia ini tentunya banyak hal yang pelu kita kaji, evaluasi, dan selanjutnya kita jadikan proyeksi bersama dalam memperbaiki HMI Komisariat Persiapan FKIP di masa yang akan datang.
Kita berharap semoga RAK II HMI Komisariat Persiapan FKIP ini dapat melahirkan ide-ide kreatif nan cerdas yang dapat diformulasikan dalam sebuah program pengembangan organisasi dalam bentuk langkah kongkrit yang merupakan presentasi dari aspirasi yang berkembang dari seluruh anggota komisariat, sehingga apa yang menjadi langkah strategis tersebut dapat menjadi tanggung jawab bersama dan dapat diterima oleh semua anggota komisariat.
Selanjutnya ijinkanlah kami untuk melaporkan hasil kerja organisasi selama satu periode kepengurusan dengan sistematika sebagai berikut :

1.     Pendahuluhan
2.     Kebijakan Umum Organisasi
3.     Kondisi Objektif Organisasi
4.     Program Kerja
5.     Daftar Inventaris Organisasi
6.     Surat Menyurat
7.     Evaluasi dan Proyeksi
8.     Penutup

A.   KEBIJAKAN UMUM ORGANISASI
Perjalanan HMI Komisariat Persiapan FKIP selama satu periode kepengurusan tetap berpegang teguh pada nilai dan norma - norma yang telah digariskan dalam AD & ART HMI.

Telah dirumuskan kebijakan umum organisasi sebagai berikut:
1.     Aktifitas pengkaderan. HMI sebagai organisasi yang selalu mengedepankan kualitas kader sebagai instrument utama penggerak organisasi, haruslah terdapat wadah yang cukup kondusif untuk membawa kader menjadi kader yang lebih mampu menghadapi tantangan pergesekan di dalam dan di luar organisasi. Perlunya melakukan sebuah LK (Latihan Kader) yang bertujuan untuk peningkatan kualitas kader yang selama ini telah digagas dan direalisasikan oleh HMI Komisariat Persiapan FKIP. Hal ini sebagai upaya untuk mengasah pemikiran kader sehingga akan lebih mempunyai ketajaman intelektual yang nantinya diharapkan akan terbangun kader-kader ideologis,kritis,dan mempunyai watak kepemimpinan yang berwawasan Keislaman, Keindonesiaan, dan Kemahasiswaan.
2.     Penataan kondisi internal organisasi. Pada hal ini, perlu menitik berartkan pada betapa pentingnya kesolidan anggota komisariat dalam sebuah organisasi, sehingga adanya arah serta langkah organisasi yang selaras, serasi dan seimbang yang akan membawa sebuah organisasi pada iklim yang kondusif.
Kedua point kebijakan umum organisasi diatas senantiasa kami jadikan sebagai landasan dalam berdialektika di berbagai kegiatan yang kami implementasikan dalam bentuk program kerja.

B.  KONDISI OBYEKTIF ORGANISASI
Memikul amanah organisasi, kita sadari tidak semudah membalikkan telapak tangan, suka duka dalam berorganisasi merupakan suatu keharusan yang mesti dilalui bersama yang nantinya menjadi sebutan Romantisme Organisasi. Perubahan dinamika dari sebuah komisariat pemula yang berdiri pada 29 Maret 2013 tentu masih dalam masa pengembangan internal kearah yang dicita-citakan bersama, sehingga hal ini memerlukan tanggung jawab dan kekompakan yang besar. Perlu usaha maksimal untuk melaksanakan kegiatan yang senantiasa sejalan dengan Konstitusi HMI. Dibawah ini kami deskripsikan tentang hal tersebut,:
Ø Kondisi Internal Organisasi
Dalam menjalankan roda organisasi tidak terlepas dari masalah klasik yang sering terjadi dalam setiap organisasi, keterbatasan waktu dan juga kepentingan-kepentingan personal pengurus, mendorong terdapatnya pengurus tidak bisa aktif. Sadar sepenuhnya bahwa ketidakaktifan pengurus akan menghambat kinerja program organisasi dan meyebabkan fungsi organisasi ini menjadi tumpul dalam memikul tanggung jawab, namun dengan sisa pengurus yang masih memiliki komitmen, kerelaan dan semangat untuk mengembangkan komisariat, program-program dasar dan pengembangan komisariat berhasil dilakukan. Patut dicatat kemudian bahwa banyaknya pengurus yang tidak aktif tidaklah menyebabkan HMI Komisariat Persiapan FKIP mengalami stagnasi (meskipun setiap kegiatan terlambat direalisasikan karena kurangnya SDM). Apa yang tergambar dalam laporan ini merupakan hasil kerja keras pengurus secara kolektif selama 1 tahun, walaupun kami sangat menyadari jika selama kepengurusan ini tidak ada hal yang patut kami banggakan, yang bisa kami suguhkan dihadapan publik. Namun dengan keterbatasan-keterbatasan kemampuan yang kami miliki, kami tetap survive meskipun untuk menutupi kekurangan tersebut banyak diantara pengurus yang aktif berperan ganda dalam menjalankan tugas.
Tidak tersedianya Sekretariat khusus Komisariat, juga kami akui sebagai penghambat utama kinerja kami, sekretariat merupakan kebutuhan vital organisasi, seringkali kemapanan dan keprofesionalan organisasi tumbuh dari sekretariat, ide-ide kreatif sering bermunculan ketika ada ruang untuk berkumpul dan berinteraksi bersama. Sehingga terkadang masjid Abu Bakar Assegar menjadi saksi sejarah dalam rapat-rapat kordinasi yang digelar.
Selain itu, kualitas majunya taraf berpikir bagi seorang kader HMI akan tergambar pada keikutsertaan kader dalam kegiatan LK II, SC, dan LK III. Sehingga hal ini menjadikan kader komisariat FKIP masih mengalami kemiskinan kualitas, meskipun dianggap kaya kuantitas.

Ø Kondisi Eksternal Organisasi
Kondisi eksternal organisasi yang mengiringi kepengurusan HMI Komisariat Persiapan FKIP terbilang cukup kompleks dan sangat berat sekali. Terdapatnya sebagian besar kader yang cenderung apatis, yang mana disetiap kegiatan komisariat, kader apatis tersebut selalunya menganggap remeh hal itu. Hal ini menjadi penghambat tidak terlaksananya sebagian program kerja komisariat.
Selain itu, kurangnya koordinasi antara berbagai lembaga struktural organisasi, baik dari tingkat cabang, korkom, hingga ke komisariat-komisariat yang menjadikan arah organisasi cenderung kebingungan di tengah persimpangan jalan. Hal ini berakibat pada kurangnya pengetahuan kader dalam mengetahui ke-HMI-an baik dalam bentuk administrasi persuratan, pengadaan LK, Follow Up, RAK, Upgrading, dan Raker.
C. PROGRAM KERJA
Mengacu sepenuhnya pada amanat Rapat Anggota Komisariat sebelumnya yang terselenggara pada 29 maret 2013 di KSM FH dan Rapat Kerja menghasilkan beberapa agenda kerja selama satu periode kepengurusan, agenda kerja tersebut adalah:
a.     LK I (Terlaksana 27 – 29 September 2013 di Panti Asuhan Almustaghfirin)
b.     Follow Up (Terlaksana di Perpustakaan Pusat Lt.2)
c.      Pembuatan Seragam Komisariat (Terlaksana
d.     Pembuatan Media Sosial (Terlaksana dalam bentuk Group FB)
e.      Dikusi Online (Terlaksana 3 kali Jumat, kemudian hilang)
f.      SMS Dakwah (Tidak Terlaksana)
g.     Aksi Demonstrasi (Terlaksana, satu kali Aksi di depan Gedung DPRD bersama Korkom dan Pemuda Pancasila)
h.    Pengadaan Kas Komisariat (Tidak Terlaksana)
i.       Pengadaan Buku Absen Kehadiran (Terlaksana)
j.       Pengadaan Blog Komisariat (Tidak Terlaksana)
k.    Liga HMI (Tidak Terlaksana)
l.       Diskusi Mingguan (Terlaksana, setiap hari minggu di Masjid)
m.  Kajian Kohati (tidak Terlaksana)
n.    Es Pisang Ijo-Itam (Tidak Terlaksana)
o.     Pengiriman Delegasi LK I (Terlaksana, Jumlah kader sampai hari ini berjumlah 53 orang)

D. DAFTAR INVENTARIS ORGANISASI Per 2013-2014
No.
Nama Barang
Jumlah
Keterangan
1.
Stempel HMI Komisariat
1 Buah
Baik
2.
Stempel Panitia Kegiatan
1 Buah
Baik
3.
Gordon
1 Buah
Baik
4.
Mut / Songkok Hmi
1 Buah
Baik
5.
Bendera Indonesia
1 Buah
Baik
6.
Bendera HMI
1 Buah
Baik

E. SURAT MENYURAT
          Surat masuk         = 39 surat (35 Internal Hmi, 4 Eksternal HMI)
          Surat keluar                   = 32 Surat

F. EVALUASI DAN PROYEKSI
Perjalanan kepengurusan dalam satu periode ini terasa sangat singkat mengingat banyaknya program kerja yang belum terselesaikan secara menyeluruh dan maksimal. Meskipun kami telah melakukan upaya yang sangat maksimal namun kami yakin masih terdapat kelemahan dan kekurangan dalam periode ini yang dapat kita jadikan catatan untuk dilakukan kajian dan evaluasi untuk seterusnya dijadikan proyeksi demi peningkatan dan kemajuan komisariat periode berikutnya.
·        Evaluasi
Evaluasi ini didasarkan atas kondisi obyektif yang terjadi didalam struktur kelembagaan organisasi, kepengurusan serta kinerjanya, diantaranya:
a.     Antara masing-masing struktur kelembagaan di tingkatan bidang masih belum terbangun hubungan secara sistematik, dimana program dari satu bidang kurang didukung oleh bidang yang lain dalam proses pengembangan potensi dan kreasi masing-masing departemen.
b.     Lemahnya konsolidasi, koordinasi dan komunikasi serta rasa tanggung jawab organisasi. Dari beberapa kepengurusan masih belum terbangun soliditas yang tinggi untuk selalu melakukan konsolidasi, koordinasi dan komunikasi sebagai bentuk rasa tanggung jawab atas amanat yang telah di embannya
c.      Sedikitnya sumber dana yang jelas untuk menunjang setiap program kerja yang di laksanakan.
d.     Kurangnya respon dari anggota komisariat terhadap kegiatan organisasi

·        Proyeksi
Dari Evaluasi kinerja selama satu periode ke depan dipandang perlu langkah-langkah yang merupakan hasil proyeksi:
a.     Pentingnya konsolidasi, komunikasi dan sosialisasi dalam internal dan eksternal komisariat
b.     Perlu adanya jiwa dan rasa saling memiliki dalam Ber”HMI”
c.      Perlunya manajemen waktu yang jelas dalam menjalankan roda organisasi
d.     Harus ada komitmen bersama saling menghormati dan menghargai segala perbedaan.
e.      Peningkatan Kualitas Kader, minimal LK II.

G. PENUTUP
Demikian laporan pertanggungjawaban pengurus HMI Komisariat Persiapan FKIP, semoga dapat memberikan gambaran atas perjalanan kepengurusan kami sebagai bahan kajian dan evaluasi bersama demi perkembangan dan kemajuan komisariat di masa mendatang. Seluruh proses perjalanan selama kami mengemban amanat kepengurusan ini, tentunya tidak bisa lepas dari dukungan serta kerjasama yang terbangun dengan berbagai pihak, untuk itu dengan segala ketulusan kami sampaikan terima kasih kepada Pengurus HMI Cab. Semarang, Korkom Sultan Agung, Komisariat-komisariat Se-Sultan Agung, Serta segenap pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu. semoga segala aktifitas serta kiprah yang kami lakukan mendapatkan ridho dari Allah SWT.
Terakhir, atas nama ketua umum saya sampaikan ucapan terima kasih kepada segenap pengurus  yang selama ini setia mendampingi saya dalam memikul tanggung jawab kepemimpinan ini, juga menyembuhkan saya dari beban kecelakaan bathin. Kami sangat menyadari dalam perjalanan kepengurusan, kami tentunya tidak lepas dari kelemahan dan kekurangan dalam mewujudkan tujuan organisasi. Semoga hal itu dapat menjadi catatan bagi kepengurusan berikutnya untuk lebih mengembangkan dan memajukan lagi komisariat. Kami berharap perjalanan kepengurusan ini merupakan cermin pambelajaran bagi kepengurusan berikutnya. Selanjutnya, saya atas nama pribadi selaku ketua umum dan atas nama seluruh pengurus HMI Komisariat Persiapan FKIP UNISSULA mohon ma’af atas segala kesalahan dan kekurangan dalam memimpin Himatika. Hitam dan putihnya kehidupan adalah warna yang dapat kita ambil hikmahnya, semoga Allah SWT senantiasa memberikan bimbingan pada kita semua.
Billahi Taufiq walhidayah
Wassalamu Alaikum Wr.Wb
Semarang, 27 April 2014
Mengetahui,
Pengurus HMI Komisariat Persiapan FKIP Sultan Agung
Periode 2013-2014


Jubirman

Ketua Umum

2 komentar: