Selasa, 07 Februari 2012

BUTHIBA STUDENT

                                                 BUTHIBA STUDENT
A.   Background of Enterpreneurship
           Perkembangan jumlahpersaingan usaha semakin meningkat dari tahun ketahun, berbagai usaha ditawarkan kepada masyarakat yang di maksudkan agar masyarakat mulai terbuka untuk mencoba memasuki dunia wirausaha. Persaingan usaha yang semakin meningkat juga kreatif dan inovatif telah memberikan warna dalam perkembangan dunia usaha. Tak jarang ditemukan, minat dan para pelaku usaha itu adalah para pemuda yang masih dalam usia produktif. Namun, jika dibandingkan dengan jumlah penduduk yang ada saat ini, jumlah entrepreneurship muda yang dimiliki oleh Indonesia, memang masih sangat kurang dari apa yang telah kita harapkan. Lebih daripada itu, pengusaha-pengusaha muda yang telah berkiprah didunia usaha saat ini, di dominasi oleh orang-orang yang beragama non-muslim yang backgroundnya bukan asli keturunan indonesia. Sebagai pemuda muslim pribumi Indonesia, kami tercetus dan berkeinginan besar untuk mendirikan sebuah usaha sebagai bentuk menumbuhkembangkan potensi-potensi yang ada dalam jiwa kewirausahaan muslim Indonesia yang direalitaskan melalui keinginan kami  dalam mencoba menerapkan sistem ekonomi secara islami.
           Dalam hal ini, kami sebagai mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) yang tengah menerapkan sebuah budaya islami yang lebih dikenal dengan sebutan BUDA’I (Budaya Akademik Islami), maka kami akan mencoba menerapkannya kedalam “kedai eduksi islam”. Sebagai gambaran umum bahwa didalam kedai eduksi islam yang kami konsepkan seperti “Usaha BudidayaTanaman Hias Batavia” dimana bunga ini mempunyai banyak kelebihan dan keunikan-keunikan tersendiri. Adapun kelebihan dan keunikan-keunikan tersebut yaitu daam satu bentuk yang sama mempunyai tiga warna yaitu merah, putih, dan merah muda, dan dalam satu pohonnya mempunyai satu warna bunga. Adapun keunikan lainnya yaitu tanaman Batavia ini didalam pembudidayaannya tanaman Batavia akan disambung dengan tanaman jarak (grafting), dimana kedua tanaman tersebut adalah tanaman yang masih tergabung dalam satu family sehingga dengan sangat mudah dan cocok untuk disambung.
        Dengan adanya keunikan-keunikan tersebut, tanaman Batavia akan memberikan keindahan dan daya tarik bagi konsumen untuk membeli bunga tersebut yang akan dijadikan sebagai hiasan indah didalam ataupun dihalaman rumahnya masing-masing. Selain keindahan dan keunikan dari bunga tersebut,harganyapun sangat terjangakau oleh masyarakat.
        Disepanjang jalan kota Semarang dan sekitarnya kamipun tidak pernah melihat adanya tanaman hias Batavia ini dikembangkan di daerah ini bahkan sampai di wilayah Jogjakartapun  kami tak melihat sedikitpun adanya tanaman hias Batavia yang dibudidayakan didaerah tersebut. Sehinnga dengan ini kami mengambil sebuah kesimpulan bahwa tanaman hias ini sangat baik dan strategis bila dibudidayakan dan dipasarkan di kota Semarang pada khususnya dan propinsi Jawa Tengah pada umumnya. Tanaman hias ini akan dikirimkan langsung dari daerah Unaaha, Sulawesi Tenggara. 
        Berdasarkan fakta ini, kami berkeinginan untuk mendirikan sebuah usaha yang bernama “BUTHIBA STUDENT”(Budidaya Tanaman Hias Batavia “student”). BUTHIBA STUDENT adalah sebuah usaha entrepreneurship yang tengah berusaha untuk mengembangkan budidaya tanaman hias Batavia yang dikembangkan oleh kaum intelektual muda (mahasiswa). BUTHIBA STUDENT insya allah kami akan mendirikannya di dalam kampus UNISSULA.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam pemasarannya, karena usaha ini berada di sebuah kampus yang penuh keramaian sehinnga usaha ini dapat berkembang pesat. Adapun pengelolaannya akan dilakukan oleh mahasiswa UNISSULA itu sendiri.
B.   Opportunity
·      Peluang usaha tanaman hias Batavia ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.
·      Sampai saat ini belum ada oknum yang mendirikan sebuah usaha tanaman hias di pasaran UNISSULA.
·      Usaha ini dapat menciptakan usaha baru di pasaran UNISSULA
·      Adanya repeat order jika konsumen menyukai produk yang dijual dan menginformasikan dengan jelas tentang usaha ini kepada rekan-rekan mereka.
C.    Treat
·      Akan menimbulkan kebosanan apabila tidak ada variasi indah dan inovasi baru yaitu tidak ada tanaman-tanaman baru selain tanaman hias Batavia
·      Jika kualitas produk dan konsep inferior tempat tidak terjaga akan memberikan image buruk bagi perusahaan.
·      Kreativitas, baik dari segi produk maupun marketingnya harus terus diperbaharui secara berkelanjutan.
D.    Company Profile
·      Nama perusahaan      :   “BUTHIBA STUDENT (Budidaya Tanaman Hias Batavia student)”
·      Direktur perusahaan :   Candra Djamir
·      Manager Pemasaran :   Jubirman
·      Manager Produksi    :   Arief
·      Manager Keuangan  :  Moh. Ashari
·      Staff                           :  Mahasiswa UNISSULA cerdas sultraku 2011.
·      Alamat                       :  Jalan Raya Kaligawe KM.4. Semarang, Jawa Tengah.
·      Contak person          :
·      Facebook                   :
·      E-mail                        :
Visi dan misi
Ø Visi:
·      Membutuhkan jiwa entrepreneur kepada mahasiswa sebagai bekal dimasyarakat
·      Memberikan inspirasi kepada mahasiswa dalam memenuhi usaha yang kreatif dengan modal yang sangat terjangkau
·      Menghadirkan tanaman hias dalam bentuk yang berbeda kepada mahasiswa yang halal dan thoib.

Ø Misi:
·      Menumbuhkembangkan jiwa entrepreneurship mahasiswa dengan system ekonomi islam.
·      Menhadirkan pelayanan “iklan layanan mahasiswa” demi kemajuan sebuah universitas di bidang pertanian yaitu tanaman hias
·      Memberikan kualitas yang terbaik kepada masyarakat

Keterangan:
        BUTHIBA STUDENT merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang pertanian. Kami akan menawarkan sebuah tanaman baru di UNISSULA yaitu tanaman hias Batavia dan juga akan menghadirkan tanaman-tanaman baru kepada masyarakat agar tidak menimbulkan kebosanan di dalam diri konsumen. Kami juga akan berusaha memberikan pelayanan dan kualitas terbaik kepada konsumen. Adapun pelayanan-pelayanan yang akan kami hadirkan
 tersebut adalah sebagai berikut.
No.
Layanan Konsumen
Tanaman hias yang akan disediakan
1.
Memberikan keterangan jelas tentang tanaman hias Batavia
Tanaman hias batavia
2.
Memberikan pilihan warna bunga yang akan dibeli
Bunga Batavia berwarna merah, putih, atau merah muda
3.
Menyediakan tanaman hias yang lain selain tanaman hias Batavia
Puring, berginville, bunga kamboja, bunga lidah api, dan lain-lain


       “BUTHIBA STUDENT” tercetus oleh pemikiran seorang mahasiswa UNISSULA, fakultas ekonomi, prodi ekonomi manajemen, untuk menghadirkan “usaha budidaya tanaman hias Batavia” yang pada sebelumnya telah menempuh berbagai macam praktek pembudidayaan tanaman di sebuah sekolah kejuruan yaitu SMK SPPN 1 Wawotobi, Sulawesi tenggara. Tanaman hias Batavia tersebut telah lama dikembangkan oleh pengusaha tanaman hias yang bernaman Tasman S. Haris,SE. beliau adalah salah seorang guru dari SMK tersebut.
          Usaha budidaya tanaman hias merupakan salah satu bentuk usaha yang dikelola langsung oleh  beberapa mahasiswa yang menghandalkan kreativitas, inovasi produk, dan skill yang akan terus kami kembangkan, selalu menjaga kualitas tanaman, serta mengutamakan pelayanan yang maksimal dengan menggunakan konsep bisnis ekonomi syariah saat ini. Tanaman hias ini insya allah akan memberikan panorama dan keindahan pada halaman rumah anda dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

E.   Business Consept
STPD (Segmenting – Targeting – Positioning – Differentiation )
Ø  Segmenting
1.      Demografi
·         Usia                   : Semua kalangan
·         Jenis kelamin   : laki-laki dan perempuan
·         Pendidikan       : SD, SMP, SMA, kuliah
·         Daya beli          : semua kalangan
·         Agama              : semua

2.      Geografi
Semua halaman rumah atau gedung

Ø  Targeting
Seluruh mahasiswa atau masyarakat yang suka tanaman hias dengan harga yang terjangkau.
Ø  Positioning    
Sebuah pengertian yang akan kita tanamkan didalam bentuk mahasiswa atau masyarakat terhadap produk kami.


F.       Strategi Marketing Mix = 4P
                      I.            Strategi Produk :
-          Menciptakan Merk ( mudah di ingat, kesan modern, memiliki arti, dan menarik)
-          Menciptakan lapangan kerja baru
-          Kemasan ( kualitas, bentuk, warna dan persyaratan lainnya )
-          Label ( pembudidayaan, dimana dibudidayakan, cara penanaman, mengadakan pembagian warna bunga, dan lain-lain )
                    II.            Strategi Harga
Tujuan : bertahan hidup, laba maksimal, market share, pesaing.
Metode penetapan harga :
1.      Diskriminasi harga ( menurut pelanggan, bentuk produk, tempat, waktu )
2.      Harga produk baru ( market skimming pricing, market penetration pricing )
                  III.            Place (Distribution)
Faktor yang berpengaruh : pelanggan, karakteristek produk, pertimbangan pengendalian.

Konsep Outdoor :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar