BUTHIBA STUDENT
A. Background of Enterpreneurship
A. Background of Enterpreneurship
Perkembangan jumlahpersaingan usaha semakin meningkat dari tahun
ketahun, berbagai usaha ditawarkan kepada masyarakat yang di maksudkan agar
masyarakat mulai terbuka untuk mencoba memasuki dunia wirausaha. Persaingan
usaha yang semakin meningkat juga kreatif dan inovatif telah memberikan warna
dalam perkembangan dunia usaha. Tak jarang ditemukan, minat dan para pelaku
usaha itu adalah para pemuda yang masih dalam usia produktif. Namun, jika
dibandingkan dengan jumlah penduduk yang ada saat ini, jumlah entrepreneurship
muda yang dimiliki oleh Indonesia, memang masih sangat kurang dari apa yang
telah kita harapkan. Lebih daripada itu, pengusaha-pengusaha muda yang telah
berkiprah didunia usaha saat ini, di dominasi oleh orang-orang yang beragama
non-muslim yang backgroundnya bukan asli keturunan indonesia. Sebagai pemuda
muslim pribumi Indonesia, kami tercetus dan berkeinginan besar untuk mendirikan
sebuah usaha sebagai bentuk menumbuhkembangkan potensi-potensi yang ada dalam
jiwa kewirausahaan muslim Indonesia yang direalitaskan melalui keinginan kami dalam mencoba menerapkan sistem ekonomi
secara islami.
Dalam hal ini, kami sebagai mahasiswa Universitas Islam Sultan Agung
(UNISSULA) yang tengah menerapkan sebuah budaya islami yang lebih dikenal
dengan sebutan BUDA’I (Budaya Akademik Islami), maka kami akan mencoba
menerapkannya kedalam “kedai eduksi islam”. Sebagai gambaran umum bahwa didalam
kedai eduksi islam yang kami konsepkan seperti “Usaha BudidayaTanaman Hias
Batavia” dimana bunga ini mempunyai banyak kelebihan dan keunikan-keunikan
tersendiri. Adapun kelebihan dan keunikan-keunikan tersebut yaitu daam satu
bentuk yang sama mempunyai tiga warna yaitu merah, putih, dan merah muda, dan
dalam satu pohonnya mempunyai satu warna bunga. Adapun keunikan lainnya yaitu
tanaman Batavia ini didalam pembudidayaannya tanaman Batavia akan disambung
dengan tanaman jarak (grafting), dimana kedua tanaman tersebut adalah tanaman
yang masih tergabung dalam satu family sehingga dengan sangat mudah dan cocok
untuk disambung.
Dengan adanya keunikan-keunikan tersebut,
tanaman Batavia akan memberikan keindahan dan daya tarik bagi konsumen untuk
membeli bunga tersebut yang akan dijadikan sebagai hiasan indah didalam ataupun
dihalaman rumahnya masing-masing. Selain keindahan dan keunikan dari bunga
tersebut,harganyapun sangat terjangakau oleh masyarakat.
Disepanjang jalan kota Semarang dan sekitarnya kamipun tidak pernah
melihat adanya tanaman hias Batavia ini dikembangkan di daerah ini bahkan
sampai di wilayah Jogjakartapun kami tak
melihat sedikitpun adanya tanaman hias Batavia yang dibudidayakan didaerah
tersebut. Sehinnga dengan ini kami mengambil sebuah kesimpulan bahwa tanaman
hias ini sangat baik dan strategis bila dibudidayakan dan dipasarkan di kota
Semarang pada khususnya dan propinsi Jawa Tengah pada umumnya. Tanaman hias ini
akan dikirimkan langsung dari daerah Unaaha, Sulawesi Tenggara.
Berdasarkan fakta ini,
kami berkeinginan untuk mendirikan sebuah usaha yang bernama “BUTHIBA STUDENT”(Budidaya
Tanaman Hias Batavia “student”). BUTHIBA STUDENT adalah sebuah usaha
entrepreneurship yang tengah berusaha untuk mengembangkan budidaya tanaman hias
Batavia yang dikembangkan oleh kaum intelektual muda (mahasiswa). BUTHIBA
STUDENT insya allah kami akan mendirikannya di dalam kampus UNISSULA.
Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam pemasarannya, karena usaha ini berada di sebuah kampus yang penuh keramaian sehinnga usaha ini dapat berkembang pesat. Adapun pengelolaannya akan dilakukan oleh mahasiswa UNISSULA itu sendiri.
Hal ini bertujuan untuk mempermudah dalam pemasarannya, karena usaha ini berada di sebuah kampus yang penuh keramaian sehinnga usaha ini dapat berkembang pesat. Adapun pengelolaannya akan dilakukan oleh mahasiswa UNISSULA itu sendiri.
B.
Opportunity
·
Peluang usaha tanaman hias
Batavia ini memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan.
·
Sampai saat ini belum ada oknum
yang mendirikan sebuah usaha tanaman hias di pasaran UNISSULA.
·
Usaha ini dapat menciptakan usaha
baru di pasaran UNISSULA
·
Adanya repeat order jika konsumen
menyukai produk yang dijual dan menginformasikan dengan jelas tentang usaha ini
kepada rekan-rekan mereka.
C.
Treat
·
Akan menimbulkan kebosanan
apabila tidak ada variasi indah dan inovasi baru yaitu tidak ada
tanaman-tanaman baru selain tanaman hias Batavia
·
Jika kualitas produk dan konsep
inferior tempat tidak terjaga akan memberikan image buruk bagi perusahaan.
·
Kreativitas, baik dari segi produk
maupun marketingnya harus terus diperbaharui secara berkelanjutan.
D.
Company Profile
·
Nama perusahaan :
“BUTHIBA STUDENT (Budidaya Tanaman Hias Batavia student)”
·
Direktur perusahaan : Candra Djamir
·
Manager Pemasaran : Jubirman
·
Manager Produksi : Arief
·
Manager Keuangan : Moh.
Ashari
·
Staff : Mahasiswa
UNISSULA cerdas sultraku 2011.
·
Alamat : Jalan
Raya Kaligawe KM.4. Semarang, Jawa Tengah.
·
Contak person :
·
Facebook :
·
E-mail :
Visi dan misi
Ø
Visi:
·
Membutuhkan jiwa entrepreneur
kepada mahasiswa sebagai bekal dimasyarakat
·
Memberikan inspirasi kepada
mahasiswa dalam memenuhi usaha yang kreatif dengan modal yang sangat terjangkau
·
Menghadirkan tanaman hias dalam
bentuk yang berbeda kepada mahasiswa yang halal dan thoib.
Ø
Misi:
·
Menumbuhkembangkan jiwa
entrepreneurship mahasiswa dengan system ekonomi islam.
·
Menhadirkan pelayanan “iklan
layanan mahasiswa” demi kemajuan sebuah universitas di bidang pertanian yaitu
tanaman hias
·
Memberikan kualitas yang terbaik
kepada masyarakat
Keterangan:
BUTHIBA STUDENT merupakan salah satu usaha yang bergerak dibidang
pertanian. Kami akan menawarkan sebuah tanaman baru di UNISSULA yaitu tanaman
hias Batavia dan juga akan menghadirkan tanaman-tanaman baru kepada masyarakat
agar tidak menimbulkan kebosanan di dalam diri konsumen. Kami juga akan
berusaha memberikan pelayanan dan kualitas terbaik kepada konsumen. Adapun
pelayanan-pelayanan yang akan kami hadirkan
tersebut adalah sebagai berikut.
No.
|
Layanan Konsumen
|
Tanaman hias yang akan disediakan
|
1.
|
Memberikan keterangan jelas tentang
tanaman hias Batavia
|
Tanaman hias batavia
|
2.
|
Memberikan pilihan warna bunga yang akan
dibeli
|
Bunga Batavia berwarna merah, putih, atau
merah muda
|
3.
|
Menyediakan tanaman hias yang lain selain
tanaman hias Batavia
|
Puring, berginville, bunga kamboja, bunga
lidah api, dan lain-lain
|
“BUTHIBA STUDENT” tercetus oleh pemikiran seorang mahasiswa UNISSULA,
fakultas ekonomi, prodi ekonomi manajemen, untuk menghadirkan “usaha budidaya
tanaman hias Batavia” yang pada sebelumnya telah menempuh berbagai macam
praktek pembudidayaan tanaman di sebuah sekolah kejuruan yaitu SMK SPPN 1
Wawotobi, Sulawesi tenggara. Tanaman hias Batavia tersebut telah lama
dikembangkan oleh pengusaha tanaman hias yang bernaman Tasman S. Haris,SE.
beliau adalah salah seorang guru dari SMK tersebut.
Usaha budidaya tanaman hias merupakan salah satu bentuk usaha yang
dikelola langsung oleh beberapa
mahasiswa yang menghandalkan kreativitas, inovasi produk, dan skill yang akan
terus kami kembangkan, selalu menjaga kualitas tanaman, serta mengutamakan
pelayanan yang maksimal dengan menggunakan konsep bisnis ekonomi syariah saat
ini. Tanaman hias ini insya allah akan memberikan panorama dan keindahan pada
halaman rumah anda dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.
E.
Business Consept
STPD (Segmenting – Targeting –
Positioning – Differentiation )
Ø Segmenting
1. Demografi
·
Usia : Semua kalangan
·
Jenis
kelamin : laki-laki dan perempuan
·
Pendidikan : SD, SMP, SMA, kuliah
·
Daya
beli : semua kalangan
·
Agama : semua
2. Geografi
Semua halaman rumah atau
gedung
Ø Targeting
Seluruh mahasiswa atau masyarakat yang suka tanaman hias dengan harga
yang terjangkau.
Ø Positioning
Sebuah pengertian yang akan kita
tanamkan didalam bentuk mahasiswa atau masyarakat terhadap produk kami.
F. Strategi Marketing Mix = 4P
I.
Strategi
Produk :
-
Menciptakan
Merk ( mudah di ingat, kesan modern, memiliki arti, dan menarik)
-
Menciptakan
lapangan kerja baru
-
Kemasan
( kualitas, bentuk, warna dan persyaratan lainnya )
-
Label
( pembudidayaan, dimana dibudidayakan, cara penanaman, mengadakan pembagian
warna bunga, dan lain-lain )
II.
Strategi
Harga
Tujuan : bertahan hidup,
laba maksimal, market share, pesaing.
Metode penetapan harga :
1. Diskriminasi harga ( menurut
pelanggan, bentuk produk, tempat, waktu )
2. Harga produk baru ( market skimming
pricing, market penetration pricing )
III.
Place
(Distribution)
Faktor yang berpengaruh :
pelanggan, karakteristek produk, pertimbangan pengendalian.
Konsep Outdoor :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar