Rabu, 08 Februari 2012

ILMU menurut orang-orang didunia

                         ILMU MENURUT ORANG-ORANG

Ilmu merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, masdar dari ‘alima – ya’lamu yang berarti tahu atau mengetahui. Dalam bahasa Inggeris Ilmu biasanya dipadankan dengan kata science, sedang pengetahuan dengan knowledge. Dalam bahasa Indonesia kata science umumnya diartikan Ilmu tapi sering juga diartikan dengan Ilmu Pengetahuan, meskipun secara konseptual mengacu paada makna yang sama. Untuk lebih memahami pengertian Ilmu (science) di bawah ini akan dikemukakan beberapa pengertian :
 
“Ilmu adalah pengetahuan tentang sesuatu bidang yang disusun secara bersistem menurut metode-metode tertentu yang dapat digunakan untuk menerangkan gejala-gejala tertentu dibidang (pengetahuan) itu (Kamus Besar Bahasa Indonesia)


“Science is knowledge arranged in a system, especially obtained by observation and testing of fact (And English reader’s dictionary)

“Science is a systematized knowledge obtained by study, observation, experiment” (Webster’s super New School and Office Dictionary).

menurut Moh Hatta (1954 : 5) “Pengetahuan yang didapat dengan jalan keterangan disebut Ilmu”.
Menurut beberapa orang di dunia yg mengatakan tentang ilmu adalah sebagai berikut.

1. JUBIRMAN (MAHASISWA UNISSULA)
Menurut Jubirman yang juga sebagai ketua HIMATIKA (Himpunan Mahasiswa Matematika) Universitas Islam Sultan Agung Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Ilmu adalah sekumpulan pengetahuan  atau informasi tentang sesuatu melalui beberapa eksperimen atau pengkajian secara mendalam.


2. THOMAS KUHN
Thomas Kuhn mengatakan bahwa Ilmu adalah himpunan aktivitas yang menghasilkan banyak penemuan, baik dalam bentuk penolakan maupun pengembangannya.


3. Dr. MAURICE BUCAILLE
Dr. Maurice B. mengungkapkan bahwa Ilmu adalah kunci untuk mengungkapkan segala hal, baik dalam jangka waktu yang lama maupun sebentar.


4. NS. ASMADI
Ilmu merupakan sekumpulan pengetahuan yang padat dan proses mengetahui melalui penyelidikan yang sistematis dan terkendali (metode ilmiah).


 5. POESPOPRODJO
Ilmu adalah proses perbaikan diri secara bersinambungan yang meliputi perkembangan teori dan uji empiris.



 

6. MINTO RAHAYU
Ilmu adalah pengetahuan yang telah disusun secara sistematis dan berlaku umum, sedangkan pengetahuan adalah pengalaman yang bersifat pribadi/kelompok dan belum disusun secara sistematis karena belum dicoba dan diuji.




  7. DR. H. M. GADE
Ilmu adalah falsafah. yaitu hasil pemikiran tentang batas-batas kemungkinan pengetahuan manusia.

8. FRANCIS BACON

Ilmu adalah satu-satunya pengetahuan yang valid dan hanya fakta-fakta yang dapat menjadi objek pengetahuan.




 

19. CHARLES SINGER
Ilmu adalah suatu proses yang membuat pengetahuan (science is the process which makes knowledge). 




 10. MOH. HATTA 
Menurut Mohammad Hatta, ilmu adalah pengetahuan yang didapat melalui jalan keterangan.
 

1 komentar:

  1. ayoo... berkaryalah
    tunjukanlah kemmpuan bangsa dalam berkreatif daninovatif

    BalasHapus